Sabtu, 01 November 2014

Maraknya Pasar RTDT Coffee


Saat ini pasar minuman di Indonesia sedang dibanjiri oleh kategori RTD (Ready To Drink/Minuman Siap Minum) Coffee, khususnya dalam kemasan PET, baik berukuran sedang ataupun mini. Bila dahulu para pemain kopi lebih berfokus pada kemasan karton/kertas semacam terta, maka kini peta permainan berubah.
Nescafe yang sebelumnya bermain di kemasat tetra brick, kini juga sudah memasarkan produk smoovlatte dalam kemasan PET dengan volume 190 ml. Demikian juga dengan Good Day dari Monysaga Prima. Pemain lainnya seperti Indofood Asahi tampil dengan brand Cafe'la. Sedangkan Suntori Garuda maju dengan brand De'Koffie, bahkan tanpa tanggung tanggung meluncurkan 3 varian seperti Original, Mocha dan Latte.

Meningkatnya kesejahteraan memang memerlukan gaya hidup yang serba cepat dan nyaman. Tidaklah mengherankan bila hal ini menginspirasi para produsen untuk menyajikan aneka produk yang sifatnya siap saji. Banyaknya jumlah penduduk usia muda di Indonesia yang  mencapai  puluhan juta orang itu tentunya sangat menggiurkan produsen, dan biasanya anak anak muda ini bila sedang bersosialisasi ataupun suntuk identik untuk minum kopi.

Para produsen memang terlihat membidik para peminum kopi pemula ataupun light coffee drinker. Hal ini kami rasakan saat kami melakukan panel terhadap produk produk tersebut, kami terkesan bahwa rasa kopi  pada produk produk tersebut sangat ringan. Menariknya produk De Koffie dari Suntory Garuda menampilkan suatu flash yang berbunyi : "Kaya akan Rasa Kopi" serta mengklaim mengandung partikel mikro biji kopi, suatu klaim yang sangat cerdik.

Ditengah maraknya kedai kopi ala Starbuck atau Kopi tiam, nampaknya RTD Coffee juga ingin menikmati gurihnya pasar minuman kopi di Indonesia. Distribusi produk kategori ini juga merambah kemana mana, mulai dari hypermarket, super maupun mini. Bisa dibayangkan berapa biaya listing fee yang harus mereka gelontorkan untuk memajang produk ini di gerai gerai tersebut.

Membesarnya kategori  RTD Coffee ini, diharapkan juga dapat menggerakkan kegairahan bagi para petani dan pengusaha  kopi nusantara untuk berinovasi membuat produk inovatif yang dapat diterima oleh konsumen Indonesia.








0 komentar:

Posting Komentar