Sabtu, 07 April 2012

PEMAIN LIANG TEH DI PASAR INDONESIA


Sejalan dengan menurunnya pasar minuman CSD (Carbonated Soft Drink) baik secara global ataupun di Indonesia, nampaknya membuka peluang bagi aneka minuman non karbonasi. Bila kita ke pasar (modern ataupun tradisional), kita akan menemukan berbagai brand baru yang menawarkan minuman rasa buah buahan dan teh. Pertumbuhan di kategori teh nampaknya cukup signifikan, bila 5 tahun yang lalu hanya ada brand Teh Sosro, Frestea dan Tekita, maka kini muncul raja raja kecil di kategori ini seperti Nu (green tea), Rio dan Teh Gelas (kategori kemasan cup), Fruit Tea (Teh Buah), Tebs (Kategori Teh bersoda) , serta Teh Cap Panda (kategori Liang Teh).

Liang Teh sebenarnya telah eksis di pasar Indonesia sejak puluhan tahun lalu. Teh Medan ini yang dipercaya memiliki khasiat untuk menurunkan panas dalam dan mampu meluruhkan lemak ini pada awalnya banyak ditemukan dijual melalui gerobak dorong yang mangkal di dekat kedai kedai makan yang berlemak seperti Nasi Goreng Kambing, Soto Betawi dan sebagainya.

Yeos (Yeo Hap Seng ), produsen minuman asal Malaysia ini telah lama memproduksi minuman Cincau dalam kemasan kaleng 300 ml yang rasanya mirip dengan liang teh. Produk ini juga telah lama ada di pasar Indonesia, namun dengan harga yang lumayan mahal. Peluang untuk mengembangkan produk lokal ditangkap oleh Kino Group melalui Brand Cap Pand yang juga mengeluarkan produknya dalam kemasan kaleng 310 ml, dengan kisaran harga sekitar Rp. 3500 -4000, harga yang cukup terjangkau bagi kalangan menengah atas. Minuman ini sebenarnya cukup familiar bagi etnis tertentu, jadi peluang sebenarnya cukup terbuka lebar

Melihat sambutan pasar terhadap Cap Panda yang cukup baik, nampaknya mengundang pemain lama di dunia minuman obat seperti Sinde Budi Utama untuk meluncurkan Produk dengan brand Cap Pistol dengan 320 ml . Ada yang cukup unik bila kita perhatikan dari kedua pemain lokal ini, yaitu keduanya menggunakan warna merah pada kemasannya dan bila Cap Panda menawarkan 310 ml, maka Cap Pistol menawarkan 320 ml. Yang manakah yang akan unggul ?Ataukah keduanya akan tetap exist dalam 5 tahun kedepan ?


0 komentar:

Posting Komentar