Kamis, 03 Mei 2012
DAPATKAH AIR KELAPA MENJADI TREN DI INDONESIA
Buah Kelapa merupakan buah yang biasa ditemui di negara negara tropis. Pohon yang sering melambangkan negara negara yang memiliki pantai ini, kini juga dapat ditemui bahkan di daerah pedalaman sekalipun. Maklum, karena pohon ini memiliki banyak manfaat, akhirnya pohon ini dibudidayakan. Tidaklah mengherankan bila gerakan kepanduan di Indonesia yang diberi nama Pramuka, juga menggunakan buah kelapa sebagai lambangnya.
Air kelapa, khususnya air kelapa muda, sudah sejak lama dikenal sebagai minuman yang menyegarkan Bila kita perhatikan minuman ini dapat ditemukan dari kedai minuman kaki lima hingga restoran kelas atas. Bentuk buah kelapa yang unik, dengan tempurung keras dan sabut kelapa yang tebal, membuat air kelapa menjadi minuman steril yang bebas dari berbagai kontaminasi.
Selain itu dalam beberapa literatur disebutkan berbagai manfaat air kelapa diantaranya : sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh untuk melawan berbagai virus dan penyakit, menjaga kesehatan kulit, merupakan sumber potasium yang konon sangat baik untuk menjaga fungsi kontraksi jantung. Selain itu disebutkan pula bahwa air kelapa juga mengandung elektrolit - elektrolit yang dibutuhkan tubuh seperti sodium, potasium, klorida, kalsium, dan magnesium. Elektrolit ini bersama air minum berperan penting untuk menjaga tubuh dari serangan dehidrasi terutama selama dan setelah kegiatan olahraga yang menguras keringat.
Sejak beberapa tahun yang lalu, kita dapat menemukan 2 brand di Indonesia yang menjual minuman air kelapa muda dalam kemasan siap minum. Yang pertama adalah : Fatigon Hydro yang diproduksi oleh Kalbe memposisikan produknya sebagai natural health drink yang mengandung unsur yang mirip dengan ion elektrolit dalam tubuh.Dengan kata lain Fatigon diposisikan sebagai sejenis minuman isotonik. Jadi di pasar Fatigon Hydro akan berkompertisi dengan berbagai minuman isotonik seperti Pocari, Powerade dan Gatorade. Sementara itu, Cocomas yang diproduksi oleh PT. Inhil Sarimas Kelapa memposisikan diri sebagai minuman kelapa saja tanpa berbicara mengenai elektrolit. Dengan kata lain Cocomas ditujukan bagi konsumen yang ingin dapat menikmati air kelapa kapan pun dan dimanapun untuk kesegaran semata.Produk Cocomas ini merupakan brand extention dari merek Cocomas yang telah lama berkecimpung di kategori santan kelapa cair.
Di pasar, geliat Fatigon, nampaknya lebih terasa ketimbang Cocomas. Distribusi Fatigon jauh lebih baik. Fatigon dapat ditemukan di hampir semua gerai modern. Demikian pula dengan aktivitas marketingnya. Sejak peluncurannya beberapa tahun lalu, Brand Fatigon Hydro telah meluncurkan 2-3 campaign yang berbeda. Bahkan Brand Logonya juga sempat diperbaharui.Kerap kita menemukan aktivitas BTL yang disponsori oleh Fatigon Hydro.
Sebagai negeri rayuan pulau kelapa, ada satu prestasi yang berkaitan dengan air kelapa muda Indonesia. Pasalnya bila kita Amerika Serikat dan disana menemukan sebuah produk air kelapa dengan merek Vita Coco, maka bila kita perhatikan kemasannya, disana tertera kalimat bahwa air kelapa yang dikemasnya merupakan produk dari Indonesia.
Bila di pasar Amerika Serikat saja kelapa Indonesia dapat diterima, sudah saatnya minuman kelapa muda Indonsia dapat menjadi tuan di negaranya sendiri.
Label:
#beveragessolutions,
#CoachJuliNugroho,
#Cocomas,
#FatigonHydro,
#solusicerdasinsani,
#VitaCoco,
Air Kelapa,
Dehidrasi,
Minuman Air Kelapa
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar