Jumat, 04 Mei 2012

Entrasol Susu Tinggi Antioksidan

foto diambil dari berbagai sumber di internet


Brand Entrasol sebenarnya sudah cukup lama berada di pasar Indonesia. Bila kita perhatikan nampaknya produk ini telah mengalami beberapa kali repositioning. Pada awal kemunculannya, produk ini lebih dikenal  sebagai minuman susu dengan kandungan gizi yang yang sangat tinggi, sehingga cocok untuk pasien pasien yang baru saja dioperasi. Pada 3 tahun  belakangan ini , Entrasol mencoba untuk mereposisi produknya sebagai susu tinggi kalsium dengan berbagai benefit tambahan. Namun pada kuartal I tahun 2012 ini, Entrasol nampaknya sekali lagi mencoba untuk mereposisi dirinya dengan mengklaim dirinya sebagai minuman susu tinggi antioksidan. Strategi ini nampaknya cukup cerdik, karena pada pasar susu kalsium, kedudukan Anlene dari Fontera sangat kuat. Tentunya sulit bagi Entrasol untuk dapat mengalahkan Anlene di kategori ini. Selain Awareness yang sangat tinggi, Susu Anlene juga telah memiliki ikatan yang luar biasa dengan para konsumennya. Hal ini terbukti dengan suksesnya setiap aktivitas Jalan sehat yang dilakukan oleh Anlene yang selalu dibanjiri oleh ribuan konsumennya.

Untuk itulah strategi yang ditempuh oleh Kalbe Nutritionals untuk memposisikan Entrasol di kategori susu tinggi antioksidan cukup beralasan, meskipun produk ini juga memiliki kandungan  Kalsium tinggi. Daripada berdarah darah di kategori susu tinggi kalsium, lebih baik bikin kategori baru.Entrasol memiliki 2 varian yaitu active untuk usia 19-50 tahun dan Gold untuk usia 50 tahun ke atas.

Di bulan May 2012, iklan Entrasol mulai terlihat di beberapa stasiun TV, pesan yang disampaikan juga sangat clear, bahwa antioksidan yang dimiliki Entrasol mampu menangkap radikal bebas yang konon sebagai penyebab terjadinya penimbunan lemak jahat di pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung koroner. Selain mengandung antioksidan, Entrasol juga diperlengkapi dengan Omega 3 dan 6 serta Kalsium yang membentuk Profit Formula.
Dengan positioning yang unik kali ini, apakah Entrasol dapat survive, mengingat produk ini telah memiliki sejarah yang panjang dalam berganti ganti positioning.  Akankah klaimnya sebagai minuman antioksidan yang dapat mengurangi resiko jantung koroner dipercaya oleh konsumen ? Lihat saja dalam 3 tahun kedepan, apakah produk ini akan tetap setia pada positioningnya sebagai susu tinggi antioksidan atau berganti lagi untuk yang keempat kali.







0 komentar:

Posting Komentar