Sabtu, 22 Februari 2014

Mr Brown Si Kopi Asal Taiwan

Meningkatnya kesejahteraan masyarakat menyebabkan terjadinya perubahan gaya hidup yang salah satunya berdampak pula pada perubahan pola konsumsi masyarakat. Gaya hidup yang ingin selalu serba cepat melahirkan produk produk siap saji. Pada kategori minuman kopi, kalau dahulu selalu identik dengan minuman panas, kini perubahan itu telah terjadi. Semakin banyak brand baru yang menawarkan RTDC atau Ready To Drink Coffee.
NESCAFE dapat dikatakan sebagai brand yang memelopori konsumsi kopi dalam kondisi dingin di tanah air. Pada pertengahan tahun 2000an nescafe menawarkan produk ice coffee yang dapat diminum dalam keadaan dingin dengan memberikan bundling seperangkat shaker. Selanjutnya mereka juga mulai meluncurkan produk produk RTDC dalam kemasan karton tetra dengan berbagai varian seperti coffee cream, black, french vanilla serta caramelicious. Kalau dulu pemain kopi siap minum ini hanya menjual dalam kemasan karton tetra, seperti misalnya Cappucini, maka kini mulai menjualnya dalam kemasan mini PET yang berkesan praktis, kami mencatat ada beberapa pemain lokal yang cukup serius terjun di kategori ini, misalnya Good Day dari dan juga 78 (degree) dari Mayora. Selain itu, kalau dulu produk impor juga dijual dalam harga yang relatif mahal, sekitar 25 ribuan  (Sobe misalnya) namun kini  banyak produk impor yang dapat dibeli dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekiitar Rp. 10 ribuan.
Salah satu produk impor yang akan kami bahas kali ini adalah Mr. BROWN, produk asal Taiwan yang dapat ditemukan di gerai gerai sekelas hypermarket. Brand ini merupakan produk yang diimpor dari negara Taiwan dan diproduksi oleh King Car Food Industrial Co, Ltd. Produk dari Mr. Brown ini dapat ditemikan dalam kemasan kaleng 240 ml dan 330 ml.
King Car ini merupakan salah satu pemain minuman di Taiwan, selain memiliki Mr. BROWN, mereka juga mengusung merek Yogofresh untuk kategori Yoghurt dan juga Kavalan untuk kategori minuman beralkohol.
Menurut hemat kami, rasa yang dimiliki oleh produk ini tidak begitu berbeda dengan rasa yang dimiliki oleh pemain lokal lainnya. Rasa kopinya terasa ringan. Produk mix semacam ini seperti kopi dengan rasa vanilla, tentunya memang tidak ditujukan bagi para pecinta minuman kopi sejati.
Ada satu hal yang menarik bagi kami dari kemasan kaleng Mr. Brown yaitu masih menggunakan kemasan dengan pola 3 pieces can, yang terdiri dari komponen tutup,  body kaleng dan dasar kaleng. Teknologi kemasan semacam ini dapat ditemukan pada kaleng minuman jaman baheula atau pada pada saat ini kemasan iklan sarden. Pabrik minuman pada saat ini cenderung untuk mengemas minuman dengan pola 2 pieces, yaitu hanya tutup dan body yang telah menyatu dengan dasar.
Meskipun hadir dalam kemasan PET, namun produk ini juga tidak didesign secara menarik. Sehingga terkesan merupakan produk yang ditujukan bagi konsumen yang konservatif. 
Tak ada salahnya bila anda juga mencoba produk ini, sehingga bisa mendapatkan suatu pengalaman baru cita rasa kopi dari Taiwan. Apakah kopi ini dapat menjadi jawara di bumi Nusantara? Hanya waktu yang akan betbicara.

0 komentar:

Posting Komentar