Sabtu, 22 Februari 2014

Mountea Sparkling Minuman Buah Bersoda

Setelah beberapa saat terdiam, nampaknya Garudafood kembali menggeliatkan brand Mountea.
Brand yang awalnya sukses di kategori minuman cup teh rasa apel ini pada era pertengahan 2000an itu kini dinaikkan derajatnya dengan memiliki varian dalam kemasan PET.

Mountea Sparkling dengan volume 330 ml ini mengkategorikan dirinya ke dalam Carbonated tea. Sehingga produk ini berhadapan dengan brand Tebs yang diproduksi oleh Sinar Sosro. Inovasi yang dikeluarkan pleh Garudafood memang agak terlambat, karena Tebs sudah ada di pasar mungkin sejak 8 tahun yang lalu. Keberadaan Tebs sebenarnya dimaksudkan untuk menantang langsung kategori carbonated soft drink yang pada waktu lalu cukup berjaya di Indonesia, sekaligus memperbesar market RTDT dengan melebarkan varian baru.

Tetapi meskipun banyak upaya yang dilakukan oleh pihak Sosro untuk mengangkat carbonated tea ini, seperyi melalui iklan TV, dan banyak aktigitas BTL yang berkaitan dengan youth seperti music dan movie, namun nampaknya hasilnya tidak begitu menggembirakan. Berdasarkan pengamatan kami, kekuatan Tebs masih pada modern channel, belum membumi di pasar tradisional yang sesungguhnya berkontribusi besar bagi dunia minuman. Di tahun 2014 ini, Tebs terlihat juga turut menjadi sponsor bagi perhelatam jazz akbar "Java Jazz"

Nah melihat apa yang dialami Tebs,  mungkin nasib yang sama juga akan menimpa Mountea Sparkling ini. Apalagi tim distribusi beverages GF tidaklah setangguh Sinar Sosro. 

Kemasan yang ditampilkan produk ini sangat menarik dan harmonis, serba ungu, mewakili warna cairan blackcurrant yang wakilinya. Visual splash dan butiran blackcurrant juga bagus. Rasa yang ditawarkan oleh Mountea Sparkling sebenarnya cukup menarik,  namun menurut pengamatan kami rasa tehnya yang sangat ringan mungkin akan kurang menarik bagi pecinta teh. Selain itu kadar atau tingkat kemanisannya cukup tinggi,  sehingga minuman ini kurang cocok untuk pelepas dahaga.

Apakah kesuksesan mountea sparkling dapat melampaui kesuksesan mountea cup beberapa waktu lalu? Agak sulit menurut kami,  selain karena faktor faktor yang telah kami sebutkan diatas, ada faktor lainnya, yaitu semakin banyaknya pilihan produk baru bagi konsumen dan USP produk ini tidak terlalu kuat. Banyak produk teh buah yang mati setelah diluncurkan.

Bagaimana menurut anda?


0 komentar:

Posting Komentar