Selasa, 06 Agustus 2013

Zestea Pelopor Green Tea Yang Hilang


Teh 2 Tang sebagai pemilik brand Zestea sebenarnya merupakan salah satu pelopor di kategori RTDT (Ready To Drink Tea) di Indonesia. Beberapa tahun lalu disaat kemasan botol masih menjadi primadona, maka keberadaan merek "Teh 2 Tang" patut diperhitungkan, terutama di wilayah Jawa Barat. Namun sejalan denga semakin berekspansinya Teh Botol Sosro, maka merek inipun tergilas.Untuk mempertahankan eksistensinya mereka melakukan inovasi dengan mengembangkan merek merek baru diantaranya adalah Frutang (untuk kategori minuman rasa jeruk dalam kemasan cup) dan Zestea (untuk kategori teh dalam kemasan on the go seperti PET maupun tetra). Bahkan kalau tidak salah merekapun pernah berinovasi mengeluarkan produk isotonik dalam kemasan cup.

Dalam beberapa tahun di awal peluncurannya, konon Frutang menjadi market leader dan bahkan nyaris menjadi merek generik untuk menyebut minuman rasa jeruk dalam kemasan cup. Demikian juga Zestea. Namun karena kelemahan dalam hal pemasaran dan distribusi, kedua merek yang awalnya cukup besar tersebut akhirnya hilang dari pasar dan tergilas oleh merek merek pendatang baru yang lebih advance di bidang sales dan marketing.

Dalam market visits ke beberapa gerai modern, tim kami menemukan kembali produk Zestea  dalam kemasan PET 500 ml. Kemasan baru yang ditampilkan cukup elegan dan sederhana, menampilkan splash air dan daun teh. Pada sisi panel brand juga menampilkan huruf Jepang, sehingga mengesankan sebagai prduk premium. Secara produk kami menilai bahwa produk minuman ini memiliki rasa yang cukup baik. Hal ini sebenarnya dapat dijadikan modal dalam persaingan. Namun sayangnya, bila kita melihat sepak terjang dari PT. Tang Mas, mereka kurang memiliki kemampuan yang baik dalam pertempuran pemasaran. Seperti kita ketahui, produk yang baik tidak cukup sebagai modal dalam menarik konsumen, diperlukan faktor faktor lain seperti promosi dan periklanan. Nah bagi para jagoan marketing ataupun sales, tidak ada salahnya untuk melamar ke Dua Tang dan membantu produk ini agar menjadi pemain yang dperhitungkan di kategori RTDT. Tunjukkan anda adalah marketer atau sales champion sejati yang dapat membuat brand apapun menjadi juara. Berani mencoba ?

0 komentar:

Posting Komentar