Selasa, 21 Desember 2010

BIG, Minuman Berkarbonasi Dengan Harga Ekonomis



Produk minuman ringan berkarbonasi (carbonated soft drink) dengan merek BIG asal Negara Peru nampaknya semakin serius dalam memasuki pasar minuman di Indonesia. Konon produk ini memulai persiapannya untuk memasuki pasar Indonesia sejak bulan Agustus 2010. Di bulan Desember ini, kita dapat melihat iklan TV Big Cola di layar kaca. Iklan dengan tema sepakbola Inggris ini menjadi tema utama iklan tersebut. Memang di label minuman BIG dengan rasa Cola bahkan tercantum Logo sepakbola tim nasional Inggris…dan tagline besar Big Cola be England.

Meskipun produk ini masih jarang terlihat di pasar, namun secara sporadis masih dapat ditemui di sekitar Bogor, Tangerang dan Bekasi. Nampaknya mereka mencoba mendistribusikan minuman melalui area pinngiran kota, baru memasuki pusat kota.
Nampaknya produsen yang memproduksi produknya ini di Cikarang cukup serius dalam meluncurkan produknya. Hal ini terlihat dengan lengkapnya varian minuman karbonasi tersebut mulai dari rasa cola, rasa orange, rasa strawberry hingga rasa lime. Secara tidak langsung mereka akan mencoba mengambil market share minuman karbonasi dari Coca Cola, Pepsi, Fanta maupun Sprite.

Selain itu dengan menawarkan volume yang lebih banyak ketimbang pesaing yaitu dengan 535 ml, mereka juga menawarkan produk dengan harga yang “sangat murah” untuk kategori minuman ringan berkarbonasi yaitu hanya Rp. 3000 per botol. Bandingkan dengan minuman Coke Cola dengan volume hanya 350 ml namun dijual dengan harga berkisar antara Rp. 4000-5000.Sedangkan yang memiliki Volume 500 ml dapat dijual dengan harga 5500-6500.
BIG nampaknya cukup berani menjual harga murah tersebut dengan mencantumkan harga jual yang tersebut dicantumkan dalam setiap label produknya.

Secara rasa, rasa minuman Cola juga tak kalah bersaing dengan produk Cola lainnya, hanya saja menurut redaksi, rasa manis minuman ini kurang begitu terasa, namun hal ini mungkin menjadi kabar gembira bagi para pecinta Cola yang memang tak begitu menyukai rasa manis yang berlebihan.

Kedepannya ada kemungkinan produsen minuman ini juga akan memasuki kategori juice, air mineral dan juga Teh siap minum (ready to drink tea).
Masuknya minuman baru tentunya akan semakin menyemarakkan pasar minuman di Indonesia, semoga saja mereka dapat bertahan dalam menghadapi gempuran raksasa minuman berkarbonasi Indonesia seperti Coca Cola Amatil dan Pepsi Cola Indobev. Karena banyak produsen yang mencoba bermain di kategori ini, namun tak dapat bertahan lama, karena bisnis di kategori ini memerlukan investasi yang tak sedikit di bidang marketing dan distribusi.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Ada kantor representatifnya di Jakarta ga ya?
Kalau ada, mohon infonya..
Thx

Info Dahsyat!

envirocare mengatakan...

Pabriknya dimana alamatnya ya?

Posting Komentar