Senin, 25 Juli 2016

FIESTA WHITE TEA MINUMAN PARA RAJA YANG BATAL JADI RAJA


Produk Fiesta White Tea ini sudah lama masuk ke pasar, namun berdasarkan pengamatan kami, produk ini tidaklah sesukses beberapa brand teh siap minum lainnya yang masuk ke pasar dalam beberapa tahun belakangan ini. 
Fiesta White Tea me merupakan produk White Tea siap minum pertama yang dijual di Indonesia. Seperti klaim pada kemasannya, bahwa produk ini merupakan teh yang berasal dari seduhan daun teh termuda tanpa melewati proses segmentasi.

Dalam survei terbatas yang kami lakukan, ternyata konsumen Indonesia masih belum memahami sepenuhnya apa definisi dari White tea itu sendiri dan juga manfaatnya yang sangat luarbiasa. 
Produk white tea memang relatif lebih mahal ketimbang black tea. Dalam salah satu kunjungan ke salah satu tempat wisata di Lembang, kami sempat membeli salah satu produk White Tea kering dengan berat besih 30 gram seharga sekitar  Rp. 200 ribu.

Kenapa mahal ? Karena kemurnian dari produk ini masih terjaga. White Tea Diperoleh dari pucuk daun teh termuda yang belum mekar (pucuk muda) sehingga kandungan antioksidan tinggi. Daun teh ini dikenal dengan silver needle atau jarum perak, karena bentuknya yang  menyerupai jarum berwarna perak setelah dipetik dan dikeringkan. White tea ini juga masih fresh dan tanpa mengalami oksidasi.

Manfaat yang sangat luarbiasa ini sepertinya tidak dikomunikasikan secara maksimal di kemasan Fiesta White Tea. Hal ini bisa saja karena ketatnya aturan badan POM yang melarang menyebutan manfaat manfaat tertentu pada kemasannya, sehingga hal ini menyebabkan produk ini gagal menunjukkan superioritasnya sebagai Raja dari segala daun teh. 

Mungkin karena menyasar pasar kelas atas, produk ini juga hanya terlihat di gerai gerai outlet modern dengan harga jual yang lebih tinggi ketimbang produk teh lainnya dengan harga sekitar Rp.7000 untuk kemasan 450 ml.

Dalam komunikasi pemasarannya, produk ini menggandeng Agnes Monica sebagai bintang utama. Ada kemungkinan Fiesta White Tea ingin mendomplang kesuksesan artis ini yang memiliki prestasi segudang. Dalam berbagai  iklan yang dibintanginya, biasanya, Agnes selalu memerankan sosok yang aktif dan energik, namun dalam iklan white tea ini, seolah ia kehilangan energinya dan berubah menjadi pribadi yang kalem dan penuh kelembutan. 

Selain itu, dalam iklan launchingnya, pucuk daun yang ditampilkan oleh Fiesta White Tea, seolah tidak memiliki perbedaan dengan puck daun teh yang ditampilkan oleh iklan produk teh dari brand lainnya. Konsumen tidak aware dengan pucuk daun yang masih menggulung, yang mereka ingat hanyalah sebagai pucuk daun teh semata.

Nah, mengenai rasa, apa yang ditawarkan oleh brand ini juga bersifat generik. Rasa yang tidak memiliki cita rasa khas tersendiri. Tidak ada perbedaan mencolok dengan brand teh lainnya. Yang membedakan hanyalah warna produk ini yang lebih pucat kekuningan. White tea dengan rasa persik dan leci, seolah menghilangkan kesakralan white tea. Varian ini terlalu pop untuk sebuah produk white tea.

Semoga saja brand ini masih bisa bertahan di tahun tahun berikutnya, mengingat persaingan di kategori Ready To Drink Tea yang sangat ketat. Masuknya perusahaan raksasa semacam Mayora dan WIngsfood di kategori teh, tentunya akan semakin memperberat persaingan, karena kedua company ini bisa menghadirkan produk produk berkualitas dengan harga terjangkau bagi konsumen Indonesia. Bukannya tidak mungkin, apabila kedua perusahaan ini melihat peluang di kategory White tea, mereka juga akan membuat produk yang sama dengan improvisasi di berbagai hal.


0 komentar:

Posting Komentar