Rabu, 01 September 2010

Visual Selebritis Dalam Kemasan Minuman



Dalam artikel sebelumnya, kita telah pernah membahas peranan selebritis dalam bisnis minuman, kali ini kita akan mengupas lebih lanjut mengenai Penggunaan visual selebritis dalam kemasan minuman.

Dengan semakin berkembangnya teknologi printing baik di mesin printing untuk kemasan kaleng, kemasan plastik pembungkus (wrapper), semacam sleeve ataupun kemasan cup, maka kreativitas para marketer dalam membuat design atraktif akan semakin terbuka lebar.

Penampilan visual selebritis dalam kemasan tentunya akan membuat penampilan produk akan semakin menarik. Diharapkan dengan adanya visual ini bukan hanya akan mengasosiasikan produk dengan sang selebritis, tetapi juga akan memiliki Value yang lebih tinggi. Selain itu, diharapkan juga akan mendorong konsumen untuk mengkoleksi kemasan ini secara lengkap, bilamana visual kemasan lebih dari satu, karena biasanya kemasan edisi selebritis hanya akan diproduksi dalam jangka waktu tertentu saja.

Didalam kategori minuman ringan berkabonasi, kedua pemain cola besar dunia, seperti Pepsi Cola dan Coca Cola termasuk sering menampilkan selebritis dalam kemasanya. Kedua brand yang ditujukan bagi pasar kawula muda itu, paham betul bahwa mereka harus selalu menampilkan kedinamisan dalam kemasannya. Kedua pemain Cola itu seolah bersaing dalam menggunakan selebritis sebagai endorser bagi brandnya. Di berbagai negara seperti misalnya di negara begara Eropa dan Thailand, keduanya nampakn berlomba dalam menampilkan kemasan dengan visual seleb, baik selebritis tingkat dunia maupun tingkat lokal. Selebritis yang ditampilkannyapun biasanya merupakan artis musik atau olahragawan (khususnya pemain sepakbola).

Di Indonesia, Coke sangat jarang menampilkan visual selebritis didalam kemasan , berbeda dengan apa yang terjadi di luar-negeri. Di Indonesia Coke tercatat pernah menampilkan visual pemain olahraga Indonesia yang memiliki prestasi dunia pada peringatan 50 tahun Indonesia merdeka. Coca Cola juga pernah menampilkan pemain sepakbola asal Ingris,Roney dalam kemasannya.
Sementara itu, Pepsi Cola Indonesia terlihat cukup rajin dalam mengeluarkan kemasan edisi selebritis, tidak satupun yang menampilkan selebritis lokal, semuanya selebritis global. Beberapa kemasan selebritis yang pernah diluncurkan Pepsi Cola di Indonesia antara lain kaleng dengan visual Grup musik Blue, Enrique Iglesias (penyanyi dan putra Julio Iglesias), David Beckham (2006) dan yang terbaru adalah penampilan Lampard pada masa world cup 2010.

Penampilan visual selebritis dalam kemasan, ternyata tidak hanya didominasi pemain minuman ringan berkarbonasi saja, tetapi juga terjadi pada minuman dalam kemasan cup.
Tercatat Brand Fruitamin secara terus menerus menampilkan selebritis sejak 3 tahun yang lalu. Tercatat, Fruitamin menampilkan Christian Sugiono dan Nia Ramadhani. Sementara itu Tekita yang dahulu tampil dalam kemasan botol besar 300 ml ini, kini juga menampilkan VJ Daniel dan Cathy Sharon dalam kemasan cup bervolume 200 ml. Kedua brand tersebut yang diproduksi oleh Pepsi Cola Indobeverages ini nampaknya sangat percaya bahwa penampilan selebritis dalam kemasan dapat mendongkrak penjualan produk produknya itu.
Sementara itu Teh Gelas dari Orang Tua Grup, lebih kurang tahun 2009 pernah meluncurkan kemasan dengan visual personil grup Changcuters. Berbeda dengan Tekita, Teh Gelas hanya menampilkan Changcuters untuk periode yang tidak terlalu lama.

0 komentar:

Posting Komentar