Jumat, 13 Agustus 2010

Bisnis Printing Pada Minuman Kemasan Cup


Beberapa tahun belakangan ini, bila kita perhatikan tampilan minuman dalam kemasan cup semakin menarik. Kalau pada awal awal peluncurannya, minuman jenis ini hanya dikemas dalam kemasan cup polos yang transparan, kini penampilan mereka berubah dan dikemas dalam kemasan yang dicetak dengan aneka gambar yang menarik. Kemampuan mesin printing ini juga semakin baik, mereka tak lagi hanya menampilkan gambar gambar sederhana saja, tetapi juga sudah mampu menampilkan visual yang cukup kompleks, seperti gambar buah buahan ataupun wajah orang misalnya.

Berdasarkan pengamatan tim redaksi, saat ini di Indonesia terdapat beberapa jenis mesin, yaitu mesin yang berasal dari China (seperti yang diproduksi oleg Guangdong Longxing Pack Industry atau Rusan Litai Shantou Jinxin Machinery) ataupun mesin mesin yang diproduksi oleh negara negara di Eropa Barat seperti Polytype (Swiss), Vandam (Belanda) ataupun Omso (Itali). Beda produsen, tentunya akan beda hasil kualitas cetakan dan sudah pasti akan berbeda pula cost per piecesnya.

Saat ini di Indonesia banyak perusahaan produsen minuman cup papan atas, yang lebih mempercayakan printing /dekorasi cup polosnya pada mesin mesin dari negara negara Eropa Barat. Memang secara tekhnis mesin asal Eropa Barat memiliki kemampuan yang lebih bagus pada hasil cetakan. Hal ini antara lain disebabkan karena sistem cetakan mereka yang mampu menerima 6 hingga 9 warna (colourheads). Bahkan pada mesin mesin baru ada yang memiliki kemampuan untuk mengakomodir hingga 11 warna yang berbeda. Semakin banyak warna tentunya akan mampu menghasilkan tatanan warna yang semakin sempurna. Selain itu, konon para supplier cup printing yang menggunakan mesin asal Eropa ini, konon juga memasok film untuk plate /cetakan juga dari negeri eropa pula. Menurut mereka hasil film yang diproduksi di luar negeri jauh lebih tajam dan akurat ketimbang dengan hasil film yang dibuat supplier film di dalam negeri. Dengan film yang baik tentunya akan mempengaruhi kualitas gambar pada karet cetakan.

Dalam persaingan yang semakin ketat, kemasan memiliki peranan yang semakin penting dalam menarik minat konsumen....tidaklah mengherankan bila ada yang menyatakan bahwa kemasan yang bagus akan mampu untuk menjual dirinya sendiri. Semakin bagus tampilan kemasan akan semakin memudahkan untuk dijual (Good packaging is salesmanship in print). Tidaklah mengherankan bila pemain bisnis minuman seperti Fruitamin, Ale Ale maupun Teh Gelas, berupaya untuk semakin menyempurnakan tampilan kemasannya. Melihat hal ini, tentunya juga tak heran bilamana para supplier cup printing berupaya untuk memperbarui mesin mesin printingnya guna memenuhi kebutuhan klien kliennya tersebut.

Nah kini bagi para produsen minuman dalam kemasan cup tinggal memilih bagaimana design yang tepat untuk produknya, dengan kemampuan mesin cup printing saat ini, nampaknya mereka mampu untuk mengakomodir segala bentuk design.

0 komentar:

Posting Komentar