Rabu, 14 Juli 2010

4 Alasan Utama Konsumen Memilih Suatu Produk Minuman


Berdasarkan berbagai riset mengenai minuman yang ditujukan bagi konsumen kelas menengah bawah yang tim kami jalankan, ada beberapa alasan utama konsumen memilih suatu produk minuman. Hal ini tentunya sangat penting untuk dipahami oleh pemain yang bergerak di industri minuman.
Ke 4 alasan utama itu adalah :
1. Rasa yang enak
2. Mudah Didapat
3. Harga terjangkau
4. Merek Cukup Populer/Ada Iklannya

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa rasa merupakan alasan utama konsumen untuk membeli suatu produk. Dapat dikatakan bahwa superioritas produk merupakan suatu alasan utama agar suatu produk minuan dibeli oleh konsumen. Faktor distribusi yang merata atau availability juga merupakan faktor yang penting. Karena seenak apapun suatu produk, bila distribusinya tak merata, maka konsumen akan kesulitan mencarinya. Menurut beberapa produsen minuman besar, mereka akan berusaha sekuat tenaga agar produknya dapat mencapai tingkat ketersediaan hingga 90% dari total outlet sehingga popularitas merek mereka dapat terjaga di mata konsumen.
Bagi kelas menengah bawah, ternyata harga juga memegang peranan yang cukup penting. Mereka tentunya hanya akan membeli produk yang terjangkau dengan kantong mereka.
Adakalanya alasan pembelian juga didasari atas popularitas merek atau adanya iklan yang ditayangkan di media televisi. Namun bila produk tersebut tak dibarengi oleh rasa yang mendukung, atau memiliki rasa yang enak, maka popularitas produk tersebut biasanya hanya seumur jagung. Konsumen hanya akan membelinya pada saat awal peluncurannya atau hanya sekedar trial semata.

Nah, bagi yang ingin terjun di bisnis minuman, semoga saja 4 hal diatas dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya. karena riset membuktikan bahwa ke 4 hal diatas merupakan faktor penting dalam mekanisme pembelian konsumen.

0 komentar:

Posting Komentar