Minggu, 16 Juni 2013

C2 si FunTasTea !



C2 merupakan merek Ready To Drink Tea milik produsen minuman asal Philipina. Keberadaan merek ini sebenarnya sudah cukup lama, namun kurang begitu eksis di pasar. URC sebagai pemilik merek dan produsen dari C2 ini memiliki fasilitas produksi yang cukup modern di kawasan industri Cibitung. Konon fasilitas produksi yang dimilikinya merupakan made in Germany yang secara otomatis memproduksi kemasan sendiri, proses filling hingga mengemas dalam outer carton.
Produk C2 memiliki harga jual yang lebih rendah ketimbang minuman RTDT dalam kemasan PET lainnya, namun karena jarang berkomunikasi dengan konsumen, maka brand ini tidak dijadikan preferensi konsumen, padahal rasa C2 cukup dapat diterima.
 
Memang saat ini kendala bagi brand brand minuman adalah di masalah distribusi. Tidak semua brand memiliki kemampuan untuk mendistribusikan produknya secara merata. Saat ini boleh dikatakan hanya Sosro dan Coca Cola yang mampu dengan baik meratakan produknya. Patut kita acungkan jembol bagi BIG Cola yang mulai terlihat disana sini. Sebenarnya C2 memiliki kemiripan dengan BIG yaitu menawarkan harga jual yang lebih rendah ketimbang kompetitor, namun entah mengapa proiduk C2 tak terlihat berkibar seperti BIG. Padahal teh sebenarnya lebih dapat diterima oleh konsumen Indonesia.
 
Pasar minuman teh di Indonesia saat ini juga sudah mulai ramai. Ada banyak pemain seperti Fruitea, Frestea, Nu, Futami 17, Teh Peko, Mirai, dsb. Belum lagi di kemasan Cup seperti Teh Gelas, Tekita, Teh Rio dan puluhan merek lainnya.
 
C2 sendiri sebenarnya sudah mencoba mengiklankan diri melalui iklan TV. Kami mencatat di tahun 2013 ini mereka mengkomunikasikan konsep Fun tasTea. Beberapa tahun lalu disaat acara Termehek Mehek dari TRANS TV booming, mereka juga menggunakan endorser selebritis yang menjadi Host acara tersebut yaitu Mandala. Namun nampaknya komunikasinya kurang berhasil. Pesan yang disampaikan di campaign 2013 juga cukup ruwet, kami memperkirakan, iklan tersebut  juga tidak akan dapat bekerja dengan baik. Memang kinerja suatu produk tidak dapat diukur dari iklan, tetapi iklan yang baik bukan saja menciptakan awareness tetapi juga kebutuhan dan preferensi merek. Iklan minuman apa yang menurut anda dapat dikategorikan sebagai iklan yang baik ?
 
 

0 komentar:

Posting Komentar