Rabu, 01 September 2010

Sekilas Minuman Rootbeer



Kesan awal bila kita mendengar kata Rootbeer mungkin kita akan mengira bahwa nama itu merupakan salah satu jenis bir. Memang konon penamaannya demikian karena pada awal awal munculnya minuman ini memang mengandung alkohol. Ada pula yang menyatakan bahwa meskipun minuman ini tak mengandung alkohol, namun saat dituangkan seringkali mengandung buih yang banyak seperti layaknya minuman bir, sehingga dinamakan rootbeer

Rootbeer merupakan minuman yang dibuat dari ekstraksi akar tanaman sasafras. Di berbagai negara jenis tanaman yang menonjol sebagai bahan pembuat rootbeer adalah sarsaparilla, hingga ada juga yang menamai produk ini sebagai minuman rasa sarsaparilla.

Di Amerika, jenis minuman ini sangatlah populer, konon terdapat ratusan merek produk rootbeer. Namun yang sangat populer antara lain A&W, Barq rootbeer, Mug serta Dads Rootbeer.

Sementara itu, di Indonesia minuman ini dapat dikatakan kalah populer bila dibandingkan dengan minuman berkarbonasi dengan rasa cola ataupun rasa buah buahan. Peta minuman rootbeer di Indonesia saat ini masih dikuasai oleh merek A&W yang dimiliki oleh Schweppes Holding Limited dan diproduksi oleh Coca Cola Bottling Indonesia. Uniknya merek A&W dalam kemasan kaleng itu tidak sedikitpun mengklaim sebagai minuman rootbeer, tetapi mereka hanya menjelaskan sebagai minuman rasa Sarsaparila. Hal serupa juga dilakukan oleh pemain rootbeer asal Singapura yaitu F&N, yang di Indonesia menggandeng PT. Polari Limonusa sebagai prinsipal atas merek tersebut. Penggunaan kata Sarsaparila atau Sarsi, konon dimaksudkan sebagai strategi agar mendapatkan label halal. Konon bilamana menggunakan kata rootbeer yang berkonotasi sebagai bir, maka logo halal tak akan dikucurkan oleh MUI.

Pemain lain yang masih eksis antara lain : Navika beverages dengan mereka Navika Rootbeer dan PT. Kreasi Mas Indah yang cukup unik jg meyediakan produk dalam kemasan botol beling kecil. Beberapa tahun lalu merek Mirinda dari Pepsi Indonesia juga sempat memiliki Mirinda Rootbery, namun saat ini sudah tidak kelihatan ada di pasar

1 komentar:

Unknown mengatakan...

jadi intinya root beer itu halal ato haram?

Posting Komentar