Minggu, 16 Juni 2013

Minuman Tradisional Praktis

Mustika Ratu merupakan produsen kosmetik tradisional yang dikenal bukan hanya di Indonesia tetapi juga di manca negara. Varian Produknya juga sangat beragam, bahkan Mustika Ratu juga memiliki rangkaian prouk Ready To Drink yang berbasiskan minuman tradisional yang dipercaya memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Nantikan ulasan singkat mengenai produk produk miuman kesehatan dari Mustika Ratu pada pertegahan JUNI 2013.

C2 si FunTasTea !



C2 merupakan merek Ready To Drink Tea milik produsen minuman asal Philipina. Keberadaan merek ini sebenarnya sudah cukup lama, namun kurang begitu eksis di pasar. URC sebagai pemilik merek dan produsen dari C2 ini memiliki fasilitas produksi yang cukup modern di kawasan industri Cibitung. Konon fasilitas produksi yang dimilikinya merupakan made in Germany yang secara otomatis memproduksi kemasan sendiri, proses filling hingga mengemas dalam outer carton.
Produk C2 memiliki harga jual yang lebih rendah ketimbang minuman RTDT dalam kemasan PET lainnya, namun karena jarang berkomunikasi dengan konsumen, maka brand ini tidak dijadikan preferensi konsumen, padahal rasa C2 cukup dapat diterima.
 
Memang saat ini kendala bagi brand brand minuman adalah di masalah distribusi. Tidak semua brand memiliki kemampuan untuk mendistribusikan produknya secara merata. Saat ini boleh dikatakan hanya Sosro dan Coca Cola yang mampu dengan baik meratakan produknya. Patut kita acungkan jembol bagi BIG Cola yang mulai terlihat disana sini. Sebenarnya C2 memiliki kemiripan dengan BIG yaitu menawarkan harga jual yang lebih rendah ketimbang kompetitor, namun entah mengapa proiduk C2 tak terlihat berkibar seperti BIG. Padahal teh sebenarnya lebih dapat diterima oleh konsumen Indonesia.
 
Pasar minuman teh di Indonesia saat ini juga sudah mulai ramai. Ada banyak pemain seperti Fruitea, Frestea, Nu, Futami 17, Teh Peko, Mirai, dsb. Belum lagi di kemasan Cup seperti Teh Gelas, Tekita, Teh Rio dan puluhan merek lainnya.
 
C2 sendiri sebenarnya sudah mencoba mengiklankan diri melalui iklan TV. Kami mencatat di tahun 2013 ini mereka mengkomunikasikan konsep Fun tasTea. Beberapa tahun lalu disaat acara Termehek Mehek dari TRANS TV booming, mereka juga menggunakan endorser selebritis yang menjadi Host acara tersebut yaitu Mandala. Namun nampaknya komunikasinya kurang berhasil. Pesan yang disampaikan di campaign 2013 juga cukup ruwet, kami memperkirakan, iklan tersebut  juga tidak akan dapat bekerja dengan baik. Memang kinerja suatu produk tidak dapat diukur dari iklan, tetapi iklan yang baik bukan saja menciptakan awareness tetapi juga kebutuhan dan preferensi merek. Iklan minuman apa yang menurut anda dapat dikategorikan sebagai iklan yang baik ?
 
 

Danone Smoothee...Produk Baru Danone


Setelah meluncurkan Yoghurt Activia beberapa tahun lalu, kini Danone membawa Danone Smoothee ke pasar Indonesia. Produk yang dijual dalam kemasan PET dengan dominasi warna biru ini dijual di gerai modern dengan harga jual sekitar Rp. 6000/botol. Ikuti ulasannya di blog kami pada AKhir Juni 2013.

Minutes Maid FRESH Lebih Kecil Lebih Terjangkau


Minutes Maid semakin melebarkan sayapnya di Indonesia. Dalam waktu bersamaan mereka meluncurkan Minutes Maid Nutriboost, minuman mengandung susu rasa buah, serta  Minutes Maid Fresh yang masuk dalam kategori minuman rasa buah.Apabila minutes maid pulpy menawarkan diferensiasi pada adanya pulpy pada produknya maka minutes maid Fresh hanya menawarkan hal yang standard saja, yaitu hanya semata mata minuman rasa buah buahan yang mengandung vitamin.

Sepertinya produk ini hadir sebagai fighting brand dari minutes maid. Hal ini terlihat dari kemasannya yang hanya berukuran 250 ml dan bahkan mencantumkan harga konsumen pada kemasannya yaitu Rp. 3500 per botol.

Tim kami sempat mencoba minutes maid fresh rasa markisa yang rasanya sangat lite dan sedikit encer. Untuk rasa nampaknya produk Markizza dari pohon pinang lebih unggul.