Rabu, 20 Juni 2012

Futami 17 Luncurkan Varian Baru



Setelah berhasil merelaunch brand Futami pada pertengahan tahun 2011 menjadi Futami 17, kini di Tahun 2012, Futami 17 meluncurkan kembali varian barunya berupa RTDT green tea rasa peach, setelah sebelumnya meluncurkan produk green tea rasa klasik dan madu. Sebagai produsen RTDT, nampaknya PT. Futami Food & Beverages tidak mau tanggung tanggung dalam berkiprah di pasar minuman teh hijau. Produk rasa peach ini nampaknya diarahkan untuk membidik pasar kaum muda. Langkah yang dilakukan Futami cukup cerdik, karena di kategori RTDT, minuman teh hijau mix dengan buah buahan hanya didominasi oleh Joy Tea dari Sosro. Dengan demikian peluang bagi Futami untuk memperoleh market share masih terbuka lebar. Namun sesungguhnya, kontribusi kategori teh hijau mix rasa buah buah masih belum seberapa bila dibandingkan dengan kategori teh hijau original ataupun dengan madu.

Dengan kemasan berwarna putih hijau dan dengan visual pohon dan buah peach, mengesankan produk ini begitu modern dan hygienis.Dengan menampilkan tulisan Jepang di sisi muka, menambah persepsi bahwa produk ini memiliki "country of origin" dari Jepang. Memang sejak awal masuknya produk green tea di Indonesia selalu mengaitkan dengan negeri dari matahari terbit tersebut.

Futami pun secara konsisten mencoba mempersepsikan komunikasinya dengan  hal hal yang berbau Jepang. Sejak kemunculannya beberapa tahun lalu hingga rejuvenatenya brand Futami menjadi Futami 17 di tahun 2011 lalu, dalam setiap iklan televisinya Futami  selalu  setia menggunakan style ala jepang, baik itu model yang ditampilkan, ornamen music, hingga announcer yang  menggunakan logat ala orang Jepang.

Futami 17 fruit mix ini diluncurkan dalam dua rasa yaitu Peach (buah persik) dan Lychee (buah leci). Klaim yang diajukan kepada konsumen adalah  sehatnya  green tea dengan manfaat buah segar. Tagline yang digunakan juga masih sama dengan tagline yang digunakan untuk varian green tea originalnya yaitu :Its Great To Be Optimal. Kita tunggu saja perkembangannya, apakah penjualan produk Frutami Fruit Mix ini dapat seoptimal taglinenya.

Senin, 18 Juni 2012

C2 Gold dari URC


URC atau Universal Robina Corporation, produsen makanan dan minuman asal Philipina ini kembali meluncurkan produk barunya, berupa RTDT (Ready To Drink Tea)  dalam  naungan brand C2. Produk  barunya kali ini berupa varian teh hijau yang diberi label Gold, tentunya merupakan produk premium dari rangkain produk C2 lainnya. Dengan klaim bahwa produk ini memiliki kandungan teh hijau yang lebih banyak daripada kandungan yang berada pada varian Minuman Teh Hijau C2 lainnya.
Berdasarkan pengamatan redaksi, sesungguhnya URC yang memiliki pabrik di kawasan Cibitung ini memiliki potensi untuk dapat mengembangkan bisnis makanan dan minumannya di Indonesia. Bukan hanya di Filipina di negara asal merek ini, di Vietnampun sesungguhnya  mereka mampu menjadi pemain utama di kategori minuman teh rasa buah.

Teknologi yang mereka miliki juga cukup canggih, yaitu dengan menggunakan rangkain mesin dalam 1 line yang mampu untuk memproduksi botol - melakukan pengisian dan pengepakan. Line produksi semacam ini sangatlah jarang dimiliki oleh produsen lokal. Namun sayangnya kecanggihan mesin dan produk ini tak dibarengi oleh tim pemasaran dan penjualan yang memadai. Misalnya sebagai produk premium semestinya C2 Gold menawarkan benefit berupa kandungan antioksidan yang tinggi pula, yang mana saat ini produk produk yang mengandung antioksidan semakin menjadi tren, karena tingginya kadar polusi udara, junk food dan semakin berkembangnya pola hidup tak sehat. Selain itu distribusi produk ini juga gagal menjangkau pedagang kaki lima yang konon merupakan kontrinutor terbesar dalam bisnis minuman botolan.

Dalam kondisi persaingan yang sangat ketat seperti saat ini, sebagus apapun produk akan sulit untuk dapat menembus pasar bila tak dibarengi oleh pemasaran dan distribusi yang baik. Dalam beberapa tahun belakangan ini, iklan C2 juga absen dalam kategori minuman teh. Nampaknya brand C2 ini  memang ditakdirkan untuk menjadi pelengkap di kancah persaingan minuman teh siap saji di Indonesia