Jumat, 04 Mei 2012

Entrasol Susu Tinggi Antioksidan

foto diambil dari berbagai sumber di internet


Brand Entrasol sebenarnya sudah cukup lama berada di pasar Indonesia. Bila kita perhatikan nampaknya produk ini telah mengalami beberapa kali repositioning. Pada awal kemunculannya, produk ini lebih dikenal  sebagai minuman susu dengan kandungan gizi yang yang sangat tinggi, sehingga cocok untuk pasien pasien yang baru saja dioperasi. Pada 3 tahun  belakangan ini , Entrasol mencoba untuk mereposisi produknya sebagai susu tinggi kalsium dengan berbagai benefit tambahan. Namun pada kuartal I tahun 2012 ini, Entrasol nampaknya sekali lagi mencoba untuk mereposisi dirinya dengan mengklaim dirinya sebagai minuman susu tinggi antioksidan. Strategi ini nampaknya cukup cerdik, karena pada pasar susu kalsium, kedudukan Anlene dari Fontera sangat kuat. Tentunya sulit bagi Entrasol untuk dapat mengalahkan Anlene di kategori ini. Selain Awareness yang sangat tinggi, Susu Anlene juga telah memiliki ikatan yang luar biasa dengan para konsumennya. Hal ini terbukti dengan suksesnya setiap aktivitas Jalan sehat yang dilakukan oleh Anlene yang selalu dibanjiri oleh ribuan konsumennya.

Untuk itulah strategi yang ditempuh oleh Kalbe Nutritionals untuk memposisikan Entrasol di kategori susu tinggi antioksidan cukup beralasan, meskipun produk ini juga memiliki kandungan  Kalsium tinggi. Daripada berdarah darah di kategori susu tinggi kalsium, lebih baik bikin kategori baru.Entrasol memiliki 2 varian yaitu active untuk usia 19-50 tahun dan Gold untuk usia 50 tahun ke atas.

Di bulan May 2012, iklan Entrasol mulai terlihat di beberapa stasiun TV, pesan yang disampaikan juga sangat clear, bahwa antioksidan yang dimiliki Entrasol mampu menangkap radikal bebas yang konon sebagai penyebab terjadinya penimbunan lemak jahat di pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung koroner. Selain mengandung antioksidan, Entrasol juga diperlengkapi dengan Omega 3 dan 6 serta Kalsium yang membentuk Profit Formula.
Dengan positioning yang unik kali ini, apakah Entrasol dapat survive, mengingat produk ini telah memiliki sejarah yang panjang dalam berganti ganti positioning.  Akankah klaimnya sebagai minuman antioksidan yang dapat mengurangi resiko jantung koroner dipercaya oleh konsumen ? Lihat saja dalam 3 tahun kedepan, apakah produk ini akan tetap setia pada positioningnya sebagai susu tinggi antioksidan atau berganti lagi untuk yang keempat kali.







Kamis, 03 Mei 2012

DAPATKAH AIR KELAPA MENJADI TREN DI INDONESIA


Buah Kelapa merupakan buah yang biasa ditemui di negara negara tropis. Pohon yang sering melambangkan negara negara yang memiliki pantai ini, kini juga dapat ditemui bahkan di daerah pedalaman sekalipun. Maklum, karena pohon ini memiliki banyak manfaat, akhirnya pohon ini dibudidayakan. Tidaklah mengherankan bila gerakan kepanduan di Indonesia yang diberi nama Pramuka, juga menggunakan buah kelapa sebagai lambangnya.

Air kelapa, khususnya air kelapa muda, sudah sejak lama dikenal sebagai minuman yang menyegarkan Bila kita perhatikan minuman ini dapat ditemukan dari kedai minuman kaki lima hingga restoran kelas atas. Bentuk buah kelapa yang unik, dengan tempurung keras dan sabut kelapa yang tebal, membuat air kelapa menjadi minuman steril yang bebas dari berbagai kontaminasi.

Selain itu dalam beberapa literatur disebutkan berbagai manfaat air kelapa diantaranya : sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh untuk melawan berbagai virus dan penyakit, menjaga kesehatan kulit,   merupakan sumber potasium yang konon sangat baik untuk menjaga fungsi kontraksi jantung. Selain itu disebutkan pula bahwa air kelapa juga mengandung elektrolit -  elektrolit yang dibutuhkan tubuh seperti sodium, potasium, klorida, kalsium, dan magnesium. Elektrolit ini bersama air minum berperan penting untuk menjaga tubuh dari serangan dehidrasi terutama selama dan setelah kegiatan olahraga yang menguras keringat.

Sejak beberapa tahun yang lalu, kita dapat menemukan 2 brand di Indonesia yang menjual minuman air kelapa muda dalam kemasan siap minum. Yang pertama adalah : Fatigon Hydro yang diproduksi oleh Kalbe memposisikan produknya  sebagai natural health drink yang  mengandung unsur yang mirip dengan ion elektrolit dalam tubuh.Dengan kata lain  Fatigon diposisikan sebagai sejenis minuman isotonik. Jadi di pasar Fatigon Hydro akan berkompertisi dengan berbagai minuman isotonik seperti Pocari, Powerade dan Gatorade. Sementara itu, Cocomas yang diproduksi oleh PT. Inhil Sarimas Kelapa memposisikan diri sebagai minuman kelapa saja tanpa berbicara mengenai elektrolit. Dengan kata lain Cocomas ditujukan bagi konsumen  yang ingin dapat menikmati air kelapa kapan pun dan dimanapun untuk kesegaran semata.Produk Cocomas ini merupakan brand extention dari merek Cocomas yang telah lama berkecimpung di kategori santan kelapa cair.

Di pasar, geliat Fatigon, nampaknya lebih terasa ketimbang Cocomas. Distribusi Fatigon jauh lebih baik. Fatigon dapat ditemukan di hampir semua gerai modern. Demikian pula dengan aktivitas marketingnya. Sejak peluncurannya beberapa tahun lalu, Brand Fatigon Hydro telah meluncurkan 2-3 campaign yang berbeda. Bahkan Brand Logonya juga sempat diperbaharui.Kerap kita menemukan aktivitas BTL yang disponsori oleh Fatigon Hydro.

Sebagai negeri rayuan pulau kelapa, ada satu prestasi yang berkaitan dengan air kelapa muda Indonesia. Pasalnya bila kita Amerika Serikat dan disana menemukan sebuah produk air kelapa dengan merek Vita Coco, maka bila kita perhatikan kemasannya, disana tertera kalimat bahwa air kelapa yang dikemasnya merupakan produk dari Indonesia.
Bila di pasar Amerika Serikat saja  kelapa Indonesia dapat diterima, sudah saatnya minuman kelapa muda Indonsia  dapat menjadi tuan di negaranya sendiri.