Selasa, 23 Agustus 2011

MINUMAN EKSTRAK SAYUR & BUAH SERBU INDONESIA



Saat ini di Indonesia semakin marak minuman dengan ekstrak sayuran dan buah buahan. Sebut saja Nutrisari dan Tipco, mulai membanjiri pasar modern. Mereka tampil dengan berbagai varian. Bahkan disisi lain ada juga suatu brand susu yang menawarkan konten sayuran didalam produknya.

Sejalan dengan adanya peningkatan kesejahteraan sebagian golongan masyarakat, tentunya akan berdampak pula pada adanya peningkatan kebutuhan dan perubahan gaya hidup. Bila dahulu sayuran adalah bagian dari menu makanan, maka kini sayuran dapat pula dinikmati sebagai minuman.

Bermula dengan maraknya penjualan Juicer atau juice extractor yang mampu membuat juice dari buah buahan atau sayuran yang memberikan solusi bagi konsumen yang sibuk ataupun yang kurang menyukai makan sayur. Dengan adanya juicer tersebut mereka dapat menikmati kebaikan manfaat sayuran dalam sekejap dan dengan rasa yang enak pula.

Melihat peluan ini dan juga dengan semakin maraknya pasar minuman wellness ini de luar negeri, maka muncullah kategori minuman sari buah dan sayuran ini.

Berdasarkan pemantauan tim beverages solutions, Nutrisari dapat dikatakan sebagai leader di kategori ini, dengan berbagai variant mereka terus merambah pasar minuman yang ditujukan bagi kalangan menengah atas ini. Sementara disisi lain, ada pula brand Tipco, yaitu perusahaan minuman asal Thailand yang di Indonesia menggandeng Kalbe sebagai partner strategik di bisang distribusi.

Dalam kasus ini sebagai produk lokal, tentunya harga jual Nutrisari dibawah harga jual yang notabene sebagai produk impor.

Upin Upin Serbu Indonesia



Demam Upin Ipin tokoh animasi anak anak asal Malaysia, nampaknya akan terus berlanjut disini. Meskipun serial kartun anak anak tersebut telah lama muncul di salah satu stasiun TV di Indonesia, namun hingga saat ini kecintaan anak anak Indonesia terhadap tokoh kartun tersebut terus berlangsung. Memang secara alur cerita maupun karakter tokoh tokohnya sunggu membumi dengan kehidupan sehari hari, sehingga tidaklah mengherankan bilamana mereka menjadi favorit anak anak kita.

Berdasarkan pemantauan tim beverages solutions, ada beberapa brand di Indonesia yang memanfaatkan ketenaran tokoh kartun ini sebagai endoeser bagi brandnya. Salah satu brand di kategori minuman yang memanfaatkan Upin dan Ipin adalah Mr Jussie Fruity yang diproduksi oleh Heinz ABC Indonesia.
Dengan menggunakan kemasan Tetra Wedges dari Tetra Pak dengan volume 180 Ml, minuman ini mengklaim mengandung 3 Vitamin. Meskipun menggunakan Upin dan Ipin, sayangnya pihak produsen belum menggunakan vekter tersebut secara optimal. Misalnya saja kemasan rasa anggur dan leci menggunakan visual upin dan ipin yang sama. Tentunya akan lebih menarik bilamana tiap rasa yang berbeda menggunakan visual karakter yang berbeda pula.

Mr Jussie merupakan minuman rasa buah buahan yang ditujukan bagi anak anak. Selain rasa buah buahan , merek ini juga memiliki varian yang mengkombinasikan antara susu dan rasa buah buahan.

Apakah dengan menggunakan endorser ini, Mr Jussie akan dapat meningkatkan volume penjualan dan mampu menghadapi agresifitas dari para pemain minuman buah lainnya seperti nutrisari dan buavita ? kita lihat saja hasilnya

#coachjulinugroho #beveragessolutions #solusicerdasinsani,

Sabtu, 20 Agustus 2011

C2 Luncurkan Teh Hijau Madu



Produsen makanan dan minuman asal Filipina yaitu PT. URC (Universal Robina Corporation) Indonesia, baru saja meluncurkan produk baru Teh Hijau Rasa Madu.
Teh hijau rasa madu URC ini seperti layaknya teh hijau lainnya mengklaim sebagai teh hijau yang dibuat dengan daun teh hijau pilihan dan juga mengandung EGCG.
Produk baru ini termonitor muncul di salah satu gerai pasar modern di Jabodetabek. Produk dengan volume 360 ml ini nampaknya diluncurkan tanpa adanya suatu aktivitas pendukung yang memadai, yang dapat membuat konsumen aware.
Memang produsen asal negeri Jiran ini terlihat sangat low profile dalam memasarkan produknya. Iklan Iklan produk mereka sudah sangat jarang menghiasi layar kaca kita.

Beberapa tahun lalu saat produk C2 memasuki pasar Indonesia, URC cukup gencar melakukan aktivitas pemasaran. Dengan menggandeng selebritis Mandala dan Jill mereka melakukan total brand campaign, baik ATL dan BTL.
Hingga tahun lalu masih sempat terlihat aktivitas branding di beberapa bis kota di Ibukota. Sesekali juga masih terlihat URC melakukan aktivitas sampling di beberapa sekolah di kota kota besar di Indonesia.

Saat ini terpantau C2 memiliki beberapa varian seperti Teh rasa apel dan Teh rasa Lemon. Meskipun market share mereka rendah di kancah RTDT di Indonesia, konon mereka menjadi market leader di beberapa negara di ASEAN, seperti di Vietnam dan Philipina.

Pasar RTDT memang cukup menjanjikan, namun persaingan disana seperti layaknya Red Ocean, yang mana pertempuran antar produsen cukup gencar, dan cukup sulit untuk dapat dimasuki oleh pemain baru yang tanggung dalam hal kemampuan distribusi maupun anggaran pemasarannya. Kita lihat saja, apakah produk green tea rasa madu dari URC ini mampu menjadi produk yang dapat diterima oleh konsumen Indonesia atau bernasib sama dengan varian teh buah yang seolah hidup segan mati tak mau.

coachjulinugroho beveragessolutions solusicerdasinsani,

Sabtu, 13 Agustus 2011

CONSUMER PROMO YANG MAKIN MARAK




Persaingan antar pemain minuman nampaknya tak ada habis habisnya, masing masing brand atau merek berupaya untuk dapat menarik konsumen agar melakukan pembelian terhadap brand mereka. Karena itulah saat ini Consumer Promo seperti terus berjalan dari waktu ke waktu. Bila beberapa saat lalu Nu Green Tea melakukan promosi ytang memberikan hadiah Milyaran Rupiah, maka di periode Juli - September 2011, kembali tim Beverages Solutions memonitor ada beberapa consumer Promo yang dijalankan oleh beberapa merek minuman besar.

Promo yang dijalankan kali ini nampaknya juga menggandeng pihak lain yang dianggap memiliki value bagi para konsumen merek merek tersebut.
FANTA dari Coca Cola Company memberikan Voucher bermain senilai Rp. 5000 untuk bermain di Amazone dan Amazing entertainment, yang merupakan wahana bermain bagi anak anak dan remaja. Memang target market minuman berkarbonasi rasa buah buahan ini adalah kamu remaja.

Sementara itu, Teh Botol Sosro tak mau ketinggalan dengan memberikan skema Buy One Get One Free Ticket untuk masuk ke berbagai wahana di Dufan, Atlantis, Gelanggang Samudera. Skema ini baru berlaku bilamana konsumen membeli terlebih dahulu 4 Teh Kotak ataupun Fruit tea dan menukarkan struk pembelian dengan kupon khusus. Promo menarik ini mungkin tak lepas dari peranan Pihak Kelompok Sosro sebagai salah satu sponsor utama di Taman Impian Jaya Ancol.

Joy Tea, brand milik Sosro yang fokus pada minuman Green Tea, nampaknya juga tak mau ketinggalan dengan melakukan promo dengan McDonalds. Seperti kita ketahui bahwa Rekso Group yaitu perusahaan induk Sosro, kini menjadi pemegang franchise dari McDonalds di Indonesia. Promo yang dilakukan Joy Tea adalah dengan memberikan Free Beef Burger McD bagi setiap pembelian 4 botol PET 500 ml atau pembelian 5 buah kaleng Joy Tea 330 ml.

Semua promo ini hanya berlaku sampai bulan September 2011. Nah bagi anda konsumen, tentunya promo ini cukup menarik karena memberikan kesempatan untuk menikmati liburan secara hemat. Anda dapat menikmati produknya dan juga dapat menikmati hadiahnya. SELAMAT MENCOBA !

#coachjulinugroho #beveragessolutions #solusicerdasinsani