Minggu, 01 Mei 2011

Masuk Pemain Baru, Perang Makin Seru !



Masuknya Grup Mayora ke dunia beverages, khususnya kategori teh, tentunya akan semakin membuat medan perang makin seru. Betapa tidak, kini kategori ini mulai dipenuhi oleh semakin banyak pemain.
Seperti kita ketahui dalam beberapa tahun belakangan ini Mayora nampaknya semakin serius dalam mendalami bisnis minuman. Sebelumnya mereka memasuki bisnis minuman isotonik dengan brand Vitazone, yang nampaknya kurang begitu sukses di pasar, meskipun telah menggelontorkan dana yang cukup besar. Karenanya, kali ini tentunya mereka akan lebih serius lagi dalam menggarap pasar minuman. Berdasarkan informasi yang kami miliki, saat ini brand dengan merek Teh Pucuk Harum, yang dikemas dalam kemasan PET 350 ml tersebut, sedang berupaya untuk menggalang distribusinya di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Dengan warna kemasan berwarna merah diharapkan dapat menarik menarik konsumen. Foto produk untuk keperluan POSM dikerjakan secara serius oleh fotografer Roy Genggam. Pihak Mayora nampaknya cukup berani untuk menstabilkan harga produk baru ini dipasar dengan mencantumkan harga jual pada label kemasan PET-nya. Padahal dalam kenyataannya harga cenderung ditentukan oleh pedagang. Dalam kasus minuman ringan berkarbonasi, meskipun pihak Coca Cola telah mencantumkan harga minuman dalam tutup botolnya, tetapi pada kenyataannya pedagang akan menjual dengan harga yang mereka tentukan sendiri. Kita lihat saja apakah strategi harga yang dilakukan Mayora akan berhasil ?

Disisi lain, PT. ABC President Indonesia baru saja meluncurkan produk iced tea dengan Brand TEAZ. Produk ini mungkin dapat dikategorikan sebagai minuman dengan rasa teh buah. Produk terbaru dari Nu ini tampil dalam kemasan PET berwarna abu abu. Mereka mengklaim mengandung Yerba Mate, yaitu suatu ekstrak dari tanaman di Amerika Selatan yang memiliki fungsional tertentu. Produk ini juga dikemas dengan menggunakan teknologi Cold Filling. HAmpir sebagian besar pemain minuman dalam kemasan PET menggunakan teknologi Hot Filling System. Produk Nu TEAZ ini tampil dengan variant Mixed Fruit. Produk ini tentunya nanti akan secara head on bersaing dengan Fruitea dari PT. SInar Sosro ataupun Fruitcy dari PT. Coca Cola Amatil.

Sementara itu Futami Food & Beverages yang beberapa tahun lalu meluncurkan Futami Tea, akan segera melakukan relaunch produknya sehingga lebih dapat diterima pasar. Berdasarkan data yang kami miliki, produk relaunch tersebut akan tampil dengan kemasan berwarna hijau, yang tetntunya sdangat berbeda dengan design kemasan lamanya.
Mereka juga akan memfokuskan pada kategori Green Tea.

Disisi lain, Teh Rio dari Wingsfood, nampaknya mulai unjuk Gigi. Promosi berhadian mobil yang mereka gelar juga mulai mendapat sambutan pasar. Mungkin akibat promosi ini menyebabkan TEKITA dari PepsiCola juga mengadakan promosi berhadiah milyaran, suatu promosi yang selama ini belum pernah dilakukan oleh Brand Tekita.